Kamis, 20 November 2014

Tips Buat Pengguna Softlens (Lensa Kontak)

Halo semua..
Belum lama ini aku sempat me-review softlens x2 baby eyes piccola di postingan aku terdahulu. Nah, kalau sekarang aku bakal membahas tentang tips merawat soflens kita.

Tidak dipungkiri di zaman sekarang softlens merupakan hal yang tidak asing lagi, baik itu untung pengganti kacamata, atau sekedar untuk mempercantik mata. Aku sendiri mulai mengenal softlens pada saat semester akhir kuliah. Awalnya pacar aku lah yang ngompor-ngomporin "kamu gak mau nyobain pake softlens? lucu loh, sekarang lagi musim". Sebenarnya aku pribadi kurang tertarik, alasan utamanya ya karena gak bisa cara pakainya, mataku juga normal gak perluh pakai kacamata apalagi softlens, dan terlebih lagi aku suka ngeri apabila melihat teman yang entah pakainya kelamaan atau bagaimana matanya jadi merah gara-gara soflens.

Tapi penasaran membunuh rasa takutku, akhirnya aku beli juga (sebenernya dibeliin pacar sih, hhhe). Softlens pertama aku kalau tidak salah ya adalah Fit2U, berwarna abu-abu gelap. Karena mendapat banyak respon dari orang terdekat, entah bilang mataku terlihat cantik, atau mataku terlihat lebih cute, dll. Aku jadi ketagihan, memang pujian dari orang sangat berpengaruh hhhaa. Jadilah semenjak itu softlens merupakan salah satu peralatan makeup yang wajib aku punya.

Nah selain memakainya kita juga harus pandai merawatnya, apalagi softlens ini nantinya kita letakkan dibagian tubuh yang sensitif yaitu mata. Berdasarkan pengalaman menggunakan softlens pernah tuh sekali-kalinya mata merah gara-gara penggunaan softlens yang terlalu lama. Kejadiannya saat wisuda, jadi aku pake softlens sebelum dimakeup kira-kira jam 5 subuh, dan baru dilepas jam 9 malam karena baru nyampe rumah jam 9 malam dan lupa gak bawa wadah soflens-nya, bayangkan aja tuh mata kesiksanya kaya apa, alhasil mata aku jadi merah dan iritasi. Pokoknya gak lagi deh pakai softlens ampe seharian gitu. Selain kelamaan pakai, ada juga hal yang menyebabkan mata aku perih gara-gara softlens. Ceritanya aku lupa untuk mencuci setelah pemakaian, dan kemudian saat aku akan memakainya lagi aku hanya membilasnya sekali, alhasil saat soflens aku pakai mata aku langsung terasa perih, dan buruh-buruh aku mencopotnya.

Berdasarkan pengalaman menggunakan softlens selama ini, aku akan memberikan sedikit tips dalam penggunaan atau perawatan softlens, berikut nih tips sederhana dari aku:

Tips memasang softlens:
  1. Cuci tangan dan keringkan dengan bersih.
  2. Bilas softlens dengan cairan pembersih softlens untuk menghilangkan kotoran atau debu yang menempel.
  3. letakan softlens di ujung jari (biasanya aku menggunakan jari telunjuk sebelah kanan).
  4. Tahan kelopak mata atas dengan jari telunjuk sebelah kiri.
  5. Berlahan dan hati-hati letakkan softlens tepat di warna hitam mata pada bola mata, lalu berlahan lepaskan jari kamu dari softlens yang menempel di mata.
  6. Kedipkan mata beberapa kali agar softlens berada pas ditengah mata.
  7. Kalau kamu merasa softlens tidak nyaman segera lepaskan, dan periksa apakah ada yang tidak beres pada softlens atau mata kamu, lalu ulangi proses diatas jika kamu mau memasangnya lagi.




Tips melepas softlens:

  1. Cuci tangan dan keringkan dengan bersih.
  2. Teteskan terlebih dahulu cairan khusus softlens agar mata lebih lembab dan softlens mudah dilepaskan.
  3. Tahan kelopak mata dengan menggunakan jari telunjuk dan jari tengah (tangan kiri).
  4. Kemudian ambil softlens secara berlahan dengan cari telunjuk dan ibu cari (tangan kanan), dengan gerakan seperti mencubit.
  5. Lakukan dengan gerakan berlahan dan sangat lembut.
  6. Kemudian cuci softlens terlebih dahulu, dan simpan softlens dengan cara merendamnya dengan cairan khusus softlens.
Tips membersikan dan menyimpan softlens:
  1. Cuci tangan dan keringkan dengan bersih/ setelah melepaskan softlens, letakkan softlens pada telapak tangan kamu, gunakan cairan khusus pembersih softlens kemudian teteskan dan bersihkan softlens dengan cara menggosakan secara berlahan-lahan dengan menggunakan jari manis.
  2. Lakukan proses penggosokan kurang lebih 5-10 detik.
  3. Lalu bilas softlens kamu sampai bersih, kemudian rendam dalam wadah khusus softlens dengan cairan khusus softlens.
  4. Rajinlah mencuci softlens setelah menggunakannya, dan jangan lupa bilas softlenst terlebih dahulu sebelum menggunakannya.





Tips lain seputaar softlens:
  1. Cuci tangan dengan menggunkan sabun bersih/antikuman, dan keringkan dengan tisu atau handuk bersih sebelum menyentuh softlens.
  2. Pilihlah softlens dengan kadar air yang tinggi, biasanya 42% atau lebih. Kadar air yang tinggi menandahkan bahwa softlens cukup lembab untuk digunakan di mata kita, jadi mata kita tidak gampang terasa sepet.
  3. Simpan dan cucilah softlens dengan cairan khusus untuk softlens. Bukan dengan AIR yaa, dan jangan coba-coba merendam softlens dengan air!
  4. Kalau aku boleh kasih saran sebaiknya kalian membeli softlens dengan ukuran diameter sedang, karena diameter yang terlalu besar dapat menghambat sirkulasi udara pada mata kita, sehingga mata kita akan cepet menjadi merah dan rasanya tentu tidaka akan nyaman. Umumnya diameter yang bagus adalah 14 - 15 mm.
  5. Cucilah selalu sebelum menggunakan atau setelah menggunakannya agar kebersihan softlens terjaga.
  6. Perhatikan juga jangkah waktu pemakian softlens, biasanya sih 6 bulan atau 3 bulan. Kalau aku pribadi setelah 3 bulan softlens selalu aku buang.
  7. Jangan gunakan softlens lebih dari 8 jam!
  8. Rata-rata cairan khusus untuk softlens hanya bertahan selama 60 hari dari awal membuka tutupnya, untuk digunakan. Setelah lebih dari 60 hari lebih baik kamu buang cairannya dan jangan digunakan lagi!
  9. Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan tempat softlens.


Berikut tips dari aku, sebenarnya penggunaan softlens tidak berbahaya, asalkan tau cara penggunaan dan perawatannya. Semoga bermanfaat ya.
Terimakasih

3 komentar :

  1. Haii, jangan ambil resiko dengan kesehatan mata kamu, dan jangan salah pilih menggunakan softlens, pilih dan gunakan softlens yang memiliki ijin dari Kementerian Kesehatan sehingga aman untuk digunakan.

    http://exoticon.co

    BalasHapus
  2. Hi boleh aku tahu, cairan khusus yang kamu maksud di nomor 2 ini apa sih?

    Tips melepas softlens:
    Cuci tangan dan keringkan dengan bersih.
    Teteskan terlebih dahulu cairan khusus softlens agar mata lebih lembab dan softlens mudah dilepaskan.

    BalasHapus
  3. Kalo misalkan bersihin soflen pake air anget boleh ga?

    BalasHapus

 

My Journey My Story Template by Ipietoon Cute Blog Design